Sabtu, 22 Juni 2019

CEGAH STUNTING MELALUI FDS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)



Tren status gizi balita 2013-2018 secara nasional mengalami penurunan, namun jika dibandingkan dengan rata-rata angka nasional, NTB masih cukup tinggi yaitu 33,5 persen dan rata-rata nasional saat ini sebesar 30,8 persen, (https://www.suarantb.com/gaya.hidup/kesehatan/2019/03/268405/Angka.Gizi.Buruk.dan.Stunting.NTB.di.Atas.Rata.rata.Nasional/).

Berbagai program dan pendekatan sudah dilakukan oleh pemerintah untuk menurunkan angka stunting. Akan tetapi dengan melihat kompleksitas masalah stunting maka diperlukan gerakan bersama seluruh pihak, kemudian tidak hanya mengintervensi yang sudah terdata namun tindakan pencegahan juga sangat penting untuk dilakukan. Sebagaimana yang dilakukan didalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) melalui kegiatan FDS atau P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) dengan memberikan pemahaman kepada penerima manfaat tentang kesehatan.

Materi kesehatan yang diberikan diantaranya terkait dengan pentingnya gizi dan layanan kesehatan ibu hamil yang meliputi;
  • Pentingnya 1000 hari pertama kehidupan
  • Pentingnya gizi bagi ibu hamil
  • Pemeriksanaan ibu hamil
  • Pemeriksanaan kesehatan setelah melahirkan
  • Memastikan ibu dan bayi mendapatkan layanan jaminan kesehatan nasional
Selain itu materi yang diberikan juga terkait pentingnya gizi untuk ibu menyusui dan balita seperti ASI Eksklusif, MP ASI, Posyandu dan lainnya. Materi ini sangat relevan mengingat stunting adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan anak jauh lebih pendek dibandingkan anak seusianya, atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya, stunting terjadi karena beberapa faktor diantaranya faktor kesehatan dan gizi selama masa kehamilan sampai balita usia 2 tahun.



By.Khairo_Hami

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar