Minggu, 09 September 2018

PPKH AIKMEL MENYALURKAN BANTUAN UNTUK KPM PENYANDANG DISABILITAS BERAT (ASPDB)

Bulan September 2018 PPKH Aikmel telah melaksanakan penyaluran bantuan untuk KPM Asistensi Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) di Kecamatan Aikmel yang berjumlah 45 KPM, karena penyaluran bantuan sudah dialihkan, disebabkan disabilitas sejak tahun 2017 menjadi salah satu komponen kesejateraan sosial.

Untuk diketahui bahwa Program Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT) akan diberikan kepada 30.000 lanjut usia yang masing-masing akan menerima Rp.200.000 per bulan di 34 Provinsi, 418 Kabupaten/Kota, 1.531 Kecamatan dan 4.492 desa. Kriteria penerima ASLUT adalah lanjut usia berusia 60 tahun ke atas dengan kondisi bedridden atau sakit menahun terlantantar (bergantung pada bantuan orang lain atau pendamping), tinggal bersama keluarga dan tidak berpenghasilan tetap. Sementara Program Asistensi Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) diberikan kepada 22.500 penyandang disibalitas berat yang masing-masing akan menerima 300 ribu rupiah perbulan di 34 provinsi, 366 Kabupaten/Kota, 4.407 Kecamatan (https://www.kemenkopmk.go.id/artikel/rakor-perkembangan-terkini-penyaluran-program-aslut-dan-aspdb).

Banyak cerita, banyak pembelajaran selama melaksanakan penyaluran bantuan ASPDB. Melihat kelebihan dan kerentanan KPM, mencoba menyatu dengan mereka yang mungkin selama ini juga ingin berkomunikasi, ingin diperhatikan, ingin dilihat, ingin dihargai, sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang juga memiliki kelebihan. KPM-KPM ASDPB tentu saja mengajarakan kita untuk lebih bersyukur untuk menjado hamba Tuhan yang menghargai dan menyayangi atas seluruh makhluk hidup ciptaan-Nya dan memotivasi pendamping untuk tetap menjadi insan yang bermanfaat bagi sesama.


By.hm

1 komentar: